Rabu, 25 Februari 2009

Meningkatkan Multiple Intelligence pada Anak

Meningkatkan multiple intelligence(macam kecerdasan) pada anak kita

Multiple intelligence atau dalam arti bahasa indonesia adalah macam-macam kecerdasan yang dimiliki seseorang.

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini membutuhkan orang-orang yang tidak hanya pintar secara akademik, namun juga yang dapat berkomunikasi dan memiliki interpersonal skills yang baik. Agar pendidikan dan perkembangan anak dapat berlangsung secara optimal, perlu dukungan dari lingkungan sekolah dan rumah.Di lingkungan rumah, peran orangtua sangat menentukan karena anak cenderung meniru perbuatan orang terdekatnya. Jika orang tuanya memiliki sikap asertif dan talkaktive, maka anak pun akan memiliki sikap dan sifat yang cenderung sama.

Untuk lingkungan sekolah, ada baiknya jika pihak sekolah juga mengaplikasikan tahapan-tahapan dalam teori multiple intellegencies, antara lain:

1. Matching - menyesuaikan metode belajar dengan learning style anak.
2. Stretching - menggunakan kelebihan anak dalam satu intelegensia untuk pengembangan intelegensia yang kurang.
3. Celebrating - menggabungkan ketrampilan-ketrampilan yang telah dimiliki anak ke dalam suatu kegiatan belajar yang menyenangkan.

Agar intelegensi anak berkembang secara optimal ada baiknya jika di setiap jenjang pendidikan yang menggunakan multiple intelligence selalu menggunakan langkah-langkah di atas. Dan jangan pernahmelupakan betapa pentingnya peranan orang tua di rumah sebagai guru utama dalam hidupnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar